Logo Oswah
OSWAH berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim, secara khusus bergerak di bidang kesantrian. Secara otomatis OSWAH akan melaporkan hasil kerjanya kepada Yayasan. Seiring dengan beberapa perubahan di tubuh Yayasan sendiri, secara otomatis OSWAH juga telah mengalami beberapa perubahan keorganisasian. 

Kepengurusan OSWAH dibentuk dari Pengurus Harian dan beberapa Devisi. Pengurus ini dibentuk oleh dewan formatur, sedangkan divisi-devisi dibentuk dari pewakilan masing-masing asrama. Jadi hampir tiap asrama ada penurus OSWAH sebagai wahana komunikasi dan untuk memudahkan koordinasi seluruh pengurus. Kepengurusan juga tidak lepas dari campur tangan kepengurusan asrama yang notabenenya adalah berada di bawah naungan OSWAH, sebagai kepengurusan yang independent.

Pada masa bakti 2013-2015, ada beberapa perbedaan dengan periode-periode sebelumnya, terutama pada akhir tahun 2012. Pada awal kepengurusan OSWAH masa bakti 2013 – 2015 dalam menjalankan programnya dibantu oleh beberapa devisi untuk mewujudkan dan terciptanya nuansa harmonis, dan unit  yang banyak berhubungan dengan kesantrian, juga oleh pengurus asrama. Beberapa devisi itu adalah: keamanan dan ketertiban, kesantrian, kebersihan dan sarana prasarana, event organizer, intelektual dan kelembagaan, serta Pelayanan Informasi dan administrasi.  Kami sengaja merubah menjadi devisi-devisi kecil dan tidak membentuk program yang terlalu tinggi, kita hanya mentargetkan apa yang menjadi persoalan dasar tanpa mengesampingkan visi dan misi OSWAH secara khusus dan Yayasan secara umum.

Seiring dengan bergulirnya waktu, OSWAH semakin menampakan kemandiriannya. Dari  berbagai segi ada yang perlu diluruskan, dimana Yayasan telah membagi job kerja sesuai lembaga masing-masing. OSWAH yang dulunya membawahi beberapa bidang kerja setelah adanya perombakan, lebih spesifik mengurusi masalah kesantrian. Memang kalau dulu yang namanya lembaga OSWAH adalah suatu lembaga yang tertinggi dan ter– exis di lingkungan Wahid Hasyim, karena tugasnya hampir sama dengan pengurus Yayasan. Tapi sekarang tugas masing-masing lembaga telah digariskan oleh pihak Yayasan secara bagus dan terorganisir.

Ada satu hal yang menurut kami menjadi menarik dari kepengurusan sekarang, yaitu mengaktifkan kembali kepengurusan UKSH (Unit Kesehasan Santri Husada) dan Damar Sanri yang sempat vakum pada kepengurusan sebelumnya. Kepengurusan ini sangat penting berada di sebuah pesantren sekaliber Wahid Hasyim. Selain berfungsi untuk pelayanan pemeriksaan kesehatan, kami berharap dengan adanya pengurus UKSH mampu memberikan penyuluhan kesehatan untuk menyadarkan santri selalu hidup secara sehat. Mengingat kondisi kesehatan di Indonesia yang saat ini mengalami penurunan. Mulai dari wabah demam biasa sampai dengan demam berdarah yang sudah akrab dengan kondisi bangsa ini juga sampai dengan yang aktual seperti avian influenza (flu burung).

Sementara itu, berbagai alasan penerbitan kembali damarsantri adalah: Pertama, sebagai bentuk tuntutan adanya kebutuhan dalam membentuk, melatih, dan menggembangkan, kreatifitas dalam hal jurnalistik. Kedua, untuk menampung ide-ide harapan santri untuk ikut dalam sikap “peduli” terhadap Wahid Hasyim. Ketiga, sebagai bagian dari sub-Organisasi Oswah yang membawa misi-misi Oswah. Dengan demikian bulletin Damarsantri turut mengambil peran dalam pengembangan potensi santri, pengembangan intelektual, keterampilan dan kreatifitas santri, dan media untuk menyuarakan pembudayakan 9K (Kebersihan, Keindahan, Ketertiban, Kesehatan, Keamanan, Kedisiplinan, Kekeluargaan dan Kemandirian).

7 komentar:

  1. kerennn... kerenenen... ^_^

    lanjutkan.... :D

    ReplyDelete
  2. Sipp...terus berkreasi dan tinggalkan jejak kalian dengan tulisan..
    salam dahsyat!!!

    ReplyDelete
  3. kereeen,,, buat mas n mbak admin... segera dilengkapi isinya, biar lebih mudah untuk mengakses informasi2 seputar weha, terlebih info PSB baik MI, MTs, MA n Santri mahasiswa. Nuwun

    ReplyDelete
  4. kayaknya ini lebih rame dari yang 'berstempel',,.,, :D

    ReplyDelete
  5. josh, tp lebih bagusnya setiap event atau mungkin selalu diperbaharui untuk memberikan informasi ter update di WEHA ..hhe

    ReplyDelete

 
Top