Foto: Ilustrasi Sampul Buku Karya Felix Y. Siaw
Judul buku      : Udah Putusin Aja!             
Penerbit           : Felix Y. Siauw                     
Penerbit           : Mizan Pustaka
Terbit               :  2013                                   
Tebal               : 180 halaman
ISBN               : 9786029255430
Oleh                : Nur Tanfidiyah

            Cinta merupakan sebuah fitrah yang diberikan Allah kepada setiap manusia dan sekaligus karunia-Nya yang amat besar. Allah memberikan rasa cinta sebagai bukti rasa sayang Allah kepada kita, agar kita mau berpikir tentang-Nya dan Allah menjadikan cinta sebagai tanda bagi orang yang beriman. Oleh karenanya, bagi orang muslim yang berakal, wajib mensyukurinya dengan jalan menjadikan cinta sebagai sebuah anugerah yang harus dijaga dan dikelola untuk lebih mendekatkah diri kepada Sang Kuasa. Bukan menjadikan cinta sebagai celah yang memberikan jalan kepada setan untuk menjerumuskan kita pada nafsu durjana.
Buku ini menjelaskan tentang pentingnya pengelolaan cinta agar bisa membawa kita pada ufuk cinta yang tinggi, (cinta yang semata-mata karena Sang Pencipta alam semesta), memuat tentang cinta dalam kaca mata Islam, mengenai  keadaan remaja sekarang yang sedang di hinggapi warna merah jambu jelita. Selain itu, menyajikan berbagai penerangan bagi remaja yang salah memaknai dan mengekspresiakan perasaan jatuh cinta. Bergejolak didalam dada laksana air mendidih menggelegak. Pikiran penuh dengan wajahnya dan lidah tak bisa dikendalikan untuk selalu menyebut namanya. Saat berjauhan rindu, tetapi bertatap muka malu. Dari pesimistis berubah menjadi romantis, dari oportunis bisa berganti puitis. (hlm.27). 
Sebagai lelaki dan wanita yang normal, wajar rasa cinta muncul diantaranya. Apalagi sudah berinteraksi dalam waktu yang lama. Namun, bukan berarti ketika Allah mengaruniakan rasa cinta sebagai fitrah kepada manusia, lantas kita bisa mengekspresikannya sesuai dengan kehendak kita. Ada masanya, ada caranya dan ada aturannya. Karena itulah islam memandang cinta itu agung dan suci, karenanya perlu diatur, dan aturannya tidak tanggung-tanggung, langsung dari pencipta manusia, tak lain  Allah SWT, (hlm.29).
            Buku ini sangat menarik untuk dibaca khususnya dikalangan para remaja yang mengalami masa pubertas, mereka yang belum cukup umur dan masih menengadah uang kepada orang tua, lebih-lebih yang sedang menjalin hubungan (pacaran), karena didalamnya memaparkan secara gamblang, bagaimana agar remaja tidak jatuh pada cinta yang salah dan memberikan berbagai solusi bagi remaja yang sedang dilanda kebingungan untuk terlepas dari pacaran model zaman sekarang, melalui dalil-dalil Islam. Sangat penting dibaca oleh orang tua sebagai bahan renungan untuk mengetahui pergaulan para remaja yang jauh dari nilai-nilai Islam, agar dapat mendidik anak-anaknya dengan lebih baik, sehingga dapat menumbuhkan generasi yang berpengetahuan tinggi serta berakhlakul karimah.
Penulis memberi percikan kepada para remaja agar mengetahui makna cinta yang sesungguhnya, yang mengarahkan untuk lebih dekat dengan Sang Kuasa sehingga tercapailah kebahagiaan dunia dan akhirat. Selain itu, Felix Y. Siauw menuangkan gagasan dalam bukunya Udah Putusin Aja! dari berbagai pengalaman dan pegamatan yang terjadi di masyarakat sekarang, dengan penyampaian yang sangat apik, disertai kata-kata yang mengalir menarik. Semuanya dikemas rapi oleh Felix meninggalkan bekas yang mendalam setelah membaca buku ini. Selain bahasanya yang lugas dan sesuai dengan bahasa anak muda, juga disisipi ilustrasi cantik dan unik  sehingga tidak membosankan, serta mempermudah pembaca untuk lebih memahami makna sebuah cinta.




2 komentar:

  1. Akan lebih baik jika judul postingan adalah judul buku yang diresensi. Nuwun

    ReplyDelete

 
Top